Mengintip Sebagian Kecil Seni Di Jogja

9:44 PM

Katanya, Jogja disebut sebagai kota seni dan budaya. Terlihat jelas dari kekentalan budayanya yang sampai sekarang masih menjadi suatu daya tarik dari kota ini yang setiap harinya terus mengundang wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Banyak sekali bangunan tua yang menggambarkan kemurnian seni dan budayanya, sebut saja Tamansari, Keraton, dan masih banyak lagi tentunya. Tapi, disamping itu, tempat seni seperti apa lagi sih yang ada di Jogja? Jawabannya adalah art space! Untuk penikmat karya-karya seni tentu akan suka untuk mengulik art space yang ada di Jogja. Saya mengiyakan perjalanan hunting foto ke art space ini liburan semester lalu bersama teman saya yang merupakan perantau disana. Inilah beberapa tempat yang saya kunjungi dalam 5 hari di Jogja.


ART JOG

Art Jog adalah sebuah acara yang diadakan setiap tahunnya di Jogja, memamerkan karya-karya seni dari berbagai seniman Indonesia. Art Jog tahun 2017 ini diadakan di Museum Nasional Jogja yang tepatnya beralamat di Jl. Prof. Ki Amri Yahya No. 1 (dekat SMAN 1 Jogja). Tahun ini, Art Jog mengusung tema Changing Perspective.



Art Jog ini berlangsung selama kurang lebih 1 bulan, dari tanggal 20 Mei - 19 Juni 2017. Venue mulai dibuka dari pukul 10.00-22.00. Dengan harga tiket 50.000 rupiah, kalian bisa sepuasnya mengeksplor disana. Tiket ini berlaku untuk 1 hari, jadi pengunjung boleh untuk keluar dari venue dan masuk lagi di lain waktu pada hari yang sama. Art Jog tahun ini terbagi dalam 3 lantai pameran, food tenants, dan merchandise store



Selain dalam bentuk lukisan, instalasi seni, Art Jog ini juga menampilkan karya seni yang berbentuk film. Total seniman yang dipamerkan karyanya adalah sejumlah 59. Disamping pameran karya, Art Jog menyediakan program tambahan seperti curratorial tour, meet the artist, tour sejarah ASRI dan special performances

Curratorial tour ini mengajak pengunjung untuk berkeliling ruang pameran bersama tim kurator Art Jog sembari diberikan penjelasan mengenai konsep dari karya-karya yang ada. Meet the artist adalah fasilitas partisipan untuk bertemu dan berdiskusi secara langsung dengan seniman yang terlibat dalam Art Jog. Sedangkan tour sejarah ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia) adalah mengulik sejarah institusi seni pertama di Indonesia yang dulunya bertempat di Museum Nasional Jogja. Selain menampilkan karya dalam sebuah pameran, Art Jog juga memberikan fasilitas bagi seniman untuk menampilkan karya-karya berupa seni musik, tari, dan seni pertunjukkan dalam special performance yang diadakan setiap akhir pekan.


SANGKRING ART SPACE

Sangkring ini beralamat di Jl. Nitiprayan RT 1 RW 20 No. 88, Ngestiharjo, di daerah Kasihan, Bantul. Sangkring ini adalah sebuah galeri di dalam bangunan 2 lantai. Di keduanya, dipamerkan karya-karya seni berupa lukisan. Waktu saya kesana, Sangkring ini lebih kepada satu ruangan yang besar tanpa ada instalasi di bagian tengahnya. Namun, instalasi di Sangkring ini berubah-ubah, tidak selalu sama.



Selain galeri yang ada di dalam, Sangkring juga menaruh instalasi seninya di luar, di bagian belakang bangunan. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website Sangkring yaitu http://sangkringart.com/.


SARANG BUILDING ART SPACE

Art space satu ini terletak tidak terlalu jauh dari Sangkring, tepatnya di Jl. Kalipakis, Tirtonirmolo, di daerah Bantul. Perjalanannya saya tempuh dalam waktu sekitar 15 menit. Katanya, Sarang Building ini belum terlalu terkenal sehingga waktu saya kesana tempat ini sangat sepi, bahkan hanya ada saya, teman saya dan 2 pengunjung lain saat itu. Selain estetik, tempat ini juga nyaman, sejuk dan adem karena dihiasi banyak tumbuhan, dan jika diamati memang terlihat seperti sebuah sarang, bagus untuk kalian yang suka foto-foto. Ditambah lagi, tidak ada biaya masuk tempat ini, alias masih gratis!




Sepertinya, Sarang Building ini akan mulai dikembangkan oleh pemiliknya, yang kebetulan bertemu dengan saya waktu itu. Katanya, ia berencana untuk menambahkan sebuah kafetaria, mungkin semacam tempat ngopi, supaya pengunjung yang datang kesana dapat menghabiskan waktu lebih lama dan dapat melakukan hal lain sembari menikmati suasananya. I am looking forward!



Rossa

You Might Also Like

0 comments

Subscribe